THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 07 Desember 2010

Ciri-Ciri dan Tips Keluarga Harmonis

Ciri-Ciri Keluarga Harmonis
Anda ingin tahu bagaimana ciri keluarga harmonis?
• Pasangan suami istri yang harmonis selalu memiliki persamaan visi dan misi.
• Pasangan suami istri sering terlihat berdua. Misalanya saat harus datang ke suatu acara penting.
• Hampir tak pernah ada perselisihan. Kalaupun ada, semua teratasi dengan baik.
Itu beberapa ciri keluarga harmonis, dimana selalu terjadi keselarasan dan keseimbangan antara suami dan istri.
Tips Menciptakan Keluarga Harmonis
• Hal yang harus Anda lakukan saat hidup dengan pasangan adalah menerima segala kekurangannya. Rasa “menerima” ini akan memudahkan Anda untuk tidak mudah sebal atau kesal di kemudian hari.
• Hargai dan hormati pasangan Anda dalam hal apapun. Misalnya dalam beradu pendapat, hargai pasangan Anda tanpa menuduh bahwa pendapatnya adalah salah.
• Setiap orang pasti punya tanggung jawab, begitu pula dengan suami istri. Lakukan kewajiban Anda dengan baik sehingga tercipta keluarga harmonis.
• Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan keluarga harmonis. Sering-seringlah mengobrol dengan pasangan untuk mempererat ikatan atau kontak batin Anda dengan pasangan.
Selalu terbuka pada pasangan merupakan kunci keharmonisan keluarga. Bila ada masalah atau ada hal yang tak berkenan, ungkapkan pada pasangan dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan salah paham.
• Banyak-banyaklah meluangkan waktu bersama pasangan atau keluarga. Tak peduli sesibuk apapun Anda dalam hal pekerjaan, keluarga adalah hal nomor satu dalam berumah tangga.
• Bangun suasana romantis di antara Anda dan pasangan. Suasana ini bisa diciptakan lewat hal-hal kecil, misalnya suami memberi kejutan dengan memasakkan makan malam, atau  selalu memberi kecupan di saat istri baru bangun pagi. Hal-hal kecil yang rutin dilakukan umumnya lebih mempererat hubungan.
• Bila perselisihan terjadi, redamlah rasa ego Anda agar masalah tidak semakin meruncing dan bisa berakibat buruk bagi rumah tangga Anda. Bila pasangan sulit mengalah, Anda lah yang harus mengambil peran.
Dinginkan kepala, mengalah, lalu cobalah meminta maaf karena mungkin Anda melakukan kesalahan hingga terjadi perselisihan. Jangan ragu untuk meminta maaf, karena biasanya emosi seseorang akan menurun begitu pasangannya meminta maaf.
Bila emosi kedua belah pihak sudah turun, tentu akan lebih mudah untuk saling bicara dan mencari solusi.
• Tak hanya meminta maaf, Anda pun harus bisa memaafkan. Bila pasangan meminta maaf, Anda tak punya alasan untuk menolaknya. Saling maaf-memaafkan adalah hal penting untuk menciptakan keluarga harmonis.
• Setiap pasangan memang memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Misalnya, suami punya kewajiban untuk bekerja dan istri punya tugas untuk mengurus rumah. Namun, pengkotak-kotakan tugas ini tidaklah mutlak.
Sesekali bantulah pasangan Anda. Bila tidak bisa, Anda cukup menemaninya. Misal, istri menemani suami yang sedang sibuk menyelesaikan tugas kantor di rumah, siapkan minuman atau makanan kesukaannya.
Begitu pula dengan suami. Suami bisa membantu pekerjaan rumah tangga, misalnya mencuci piring atau sekedar menemani istri memasak.
Itu adalah beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan untuk menciptakan keluarga harmonis. Tidak terlalu susah mewujudkannya, asal selalu ada rasa toleransi antar pasangan, keluarga harmonis pun bukan lagi sekedar impian

0 komentar: